Derawan Island | The Rosy Cloud

By Sharleen Lee - 6:32 AM

Well, awal bulan Mei kemarin gw dan temen-temen akhirnya kesampean juga jalan-jalan ke kepulauan derawan. Letaknya di Kalimantan Timur, jadi kita keliling beberapa pulau selama disana (Derawan, Maratua, Kakaban, Sanggalaki). Kami juga menyempatkan diri utk mampir ke Labuan Cermin (yg terkenal bening itu) hahaha.

So perjalanan kami cukup panjang ya. Agak amaze sih kalo liburan ke daerah di Indonesia, ternyata lama perjalanannya bakalan sama kaya ke luar negeri. Yah kira-kira mirip lah sama perjalanan Jakarta-Shanghai. Dari Jakarta - Balikpapan (2 hour flight), terus di lanjut dari Balikpapan - Berau (1 hour flight), terus lanjut lagi perjalanan dari berau ke pelabuhan (around 2-3 hours by car). Terus sampe di pelabuhan naik kapal lagi sampe ke derawan (maybe around 30 mnts). Jadi in total, sekitar kurang lebih 6 jam, ya kalo diitung sama transit2 nya maybe 7 jam kali ya utk sampe ke pulau nya.

Sampe disana, kita lumayan amazed sama jernihnya laut. It was so pretty! Even itu bukan tempat apa-apa, cuma hotel doang, dan hotelnya pun bukan yang bagus. Kalo biasa trip ke pantai-pantai tuh, area sekitar tempat tinggal kan biasa ya gitu aja kan ya, nah kalo disini, kita masih bisa ketemu sea-creatures. Jadi beberapa kali kita liat penyu lagi nimbul2 di permukaan sambil berenang, dan ikan-ikannya masih lumayan banyak yang berenang sana sini. Terus di tempat kami menginap, hall area makannya ada 1 hole yang nembus ke air lautnya, terus banyak banget ikannya.

(pictures of the resort area, pictures of the fish at the hall)

View near the hotel
The hole in dining area



Trip ke derawan ini, kami menggunakan jasa tour lokal, namanya agak gw sensor ya M*r*t*a **ven*u*e. Well, sebenernya kalo mnrt tmen2 gw tuh, the tour itself was not that bad, tapi IMHO, the service is not that great. IDK. Yang jelas, we did not have a great relationship with the tourleader. Well, maybe he's nice, but he's very ignorant, and SLEEP most of the time. He didn't take good pictures (which was very essential during this trip), and ah pokoknya banyak deh complain nya yang lebih baik tidak usah di bahas lagi. Hahaha. Let's concentrate on the good vibes shall we?

So, on our first day, we arrived around 4PM, dan hari itu kita acara bebas sampe malam. Jadi kita foto-foto bentar berburu sunset.





The next day, ini dia, where the journey began. We went to whale shark point, and continue our trip to Labuan Cermin, yang which is super jauh. The problem is, ombak hari itu tuh kencang banget, so di dalem kapal kita kaya kebanting-banting. Haahahahahaha. Apalagi yang duduk di depan. Guys, kalo keadaan kaya gini, gw suggest kalian duduk di belakang (less hurts). Besok paginya pinggang kita pada encok. LOL.

So, we swam with Whale Shark!!!! It was amazing!! Temen gw ada yg bbrp awalnya takut utk berenang, but I didn't. Yang gw takutin malah malem pas gw mau tidur. I wasn't scared of Whale Sharks. What I was afraid of tuh depth of the sea. OMG guys, call me lebay, tapi literally pas gw turun, dan berenang, gw liat ke bawah tuh bener-bener gelap. Gak keliatan apa-apa, pas whale sharknya berenang turun, keliatannya belum gitu jauh, tapi udah ga keliatan. Kebayang gak sih kaya what lies beneath that gitu. I was so scared that I can't even sleep that night. (hahaha lebay yah)...

After that, labuan cermin. It wasn't very impressive for me and my friends. Soalnya pas kita kesana, airnya lagi pasang, dan it's not as clear as we thought it would be. :(

The next day, kita keliling pulau dari ke Maratua Paradise Resort, Gua Hajimangku, terus ke Kakaban utk liat stingless jellyfish, liat manta, dan ke tempat penangkaran tukik. I will let you see it down on the pictures :)


Maratua Paradise Resort

View from Maratua Paradise Resort
Full Squad

Gusung Derawan

Sunset <3

That lining tho
A friend of mine with Whale shark

Gua Haji Mangku taken from below


Oh iya, salah satu highlight dari perjalanan kali ini yaitu stargazing. Jadi malem-malem after that long long day, we decide to take a moment to relax, put some face mask on, terus ke semacam deck dket penginapan buat stargaze, karena literally, bintang disana banyak banget. Di tempat yang gelap especially, makin banyak tempatnya. Kata TL kita, kalo mau liat bintang itu plg bagus pas ga ada bulan. Hari itu bulan sabit sih, dan when the night goes on, bulannya makin turun & finally tenggelam. We managed to get a few shots. It was so pretty, and we even got a chance to saw a few shooting stars (beyond happy and blessed)!


Stars overload

Happy Stargazing !

Well, that's our Journey from Derawan. Banyak banget tempat di Indonesia yang bagus dan layak utk dapat shoutout loh to travelling industry. Let us #visitindonesia, explore negara kita terlebih dahulu yuk. :) semoga di lain kesempatan aku bisa sharing my travelling stories with you guys again.


X.o.x.o

Shar <3







  • Share:

You Might Also Like

0 comments